Tutorial Cara Install Windows 10

Cara Install Windows 10

Cara Install Windows 10

Cara install Windows 10 – Sebuah laptop/PC memiliki 2 partisi hardisk yang biasa di sebut Drive C dan Drive D. Drive C biasanya merupakan partisi system dan Drive D merupakan drive data. Yang harus anda lakukan pertama kali sebelum install windows 10 adalah, Pastikan data yang anda miliki aman. Lakukan backup seluruh data mulai dari Desktop, My Documents, dll. Pindahkan ke Drive D semuanya tanpa terkecuali. Selanjutnya silahkan buat bootable windows. Anda harus membuat installer windows 10 ke dalam sebuah media atau drive, bisa Flashdisk atau DVD.

Caranyanya Pertama-tama siapkan media atau drive nya, apakah akan menggunakan Flashdisk atau DVD. bila akan menggunakan flashdisk usahakan kapasitasnya minimal 4GB keatas dan apabila akan menggunakan DVD untuk melakukan burning usahakan yang menggunakan kapasitas (4.7GB) .

tutorial cara install Windows 10

Sebagai contoh, saya akan menggunakan Flashdisk untuk instalasi Windows 10.

– Colok Flashdisk ke PC/laptop lalu jalankan software Rufus, jika belum memiliki Rufus silahkan cari dan download terlebih dahulu.

– Pilih drive flashdisk lalu select juga file ISO Windows 10 yang telah didownload, jika belum download silahkan download terlebih dahulu.

– Pilih menu start dan tunggu hingga selesai. Jika sudah, tutup rufusnya namun jangan dulu dicabut flashdisknya.

– Restart PC, jika sudah memulai start, tekan hotkey untuk masuk ke sistem BIOS. Hotkey dapat anda lihat di bagian pojok kanan bawah PC.

Keterangan: BIOS adalah sejenis pengaturan awal sebelum anda melakukan booting ke PC.  Secara default, hotkey untuk memasuki BIOS ada bermacam-macam bisa F2 , F4, F10, F12 dan DEL tergantung merk PC/laptop. Usahakan secepat mungkin menekannya agar proses ini tidak terlewatkan. Jika terlambat menekan hotkey untuk masuk ke bios, silahkan ulang restart kembali. Untuk proses ini pastikan flashdisk dalam keadaan tersambung ke PC/laptop.

– Selanjutnya, jika sudah memasuki BIOS, silahkan masuk ke tab Boot dan cari boot options/boot order.

cara install Windows 10

cara install Windows 10

– Setting boot order anda ke Removeable Disk ,jika tidak ada, cari saja nama merk flashdisk yang anda gunakan, Kemudian Disusul oleh Harddisk/HardDrive, jika tidak ada cari yang ada tulisan HDD nya atau cari merk harddisk anda, dipilihan kedua.

– Jika sudah tersusun seperti itu kemudian save and exit dengan menekan tombol F4 atau F10 (tergantung dari merk BIOSnya) silahkan baca aturan key-nya disebelah pojok kanan bawah.

– Setelah proses save selesai, PC akan kembali restart. Namun, yang akan muncul  adalah logo installer Windows 10.

– Pilih bahasa yang ingin anda gunakan, Selebihnya biarkan saja, Lalu klik install now.

– Sekarang anda dihadapkan dengan kotak input serial, Bagian ini Cukup pilih skip saja.

– Selanjutnya ada 2 pilihan instalasi, Silahkan Pilih costum.

– Berikutnya Anda akan dibawa menuju ke pengaturan partisi, Anda akan menjumpai partisi-partisi apa saja yang akan ada di PC anda.

– Sekarang, select drive C kamu, usahakan Jangan sampai salah karena data-data anda yang ada di partisi D akan hilang jika salah.

– Pilih menu format lalu yes, Tunggu sebentar, kemudian pastikan lagi drive yang terselect / dipilih adalah drive C tadi. Kemudian silahkan klik next untuk melanjutkan.

– Proses instalasi akan berlangsung, Proses ini akan memakan waktu sekitar 20-30 menit, Jika proses instalasi sudah selesai, pc akan otomatis melakukan restart.

PENTING!! Saat proses restart langsung cabut flashdisknya !! Atau proses instalasi akan diulang kembali.

– Tunggu proses restart sekitar 10 menit , jika sudah maka akan kembali otomatis restart kembali. Setelah itu , anda akan kembali dihadapkan dengan pilihan serial, Pilih saja do this later, kemudian anda akan diarahkan ke menu settings, Pilihlah tombol Use Express Settings, Tunggu hingga proses automatic settings selesai.

– Selanjutnya, anda akan dihadapkan pada pertanyaan “Who owns this PC?”, Pilih saja I own it lalu klik next.

– Selanjutnya, anda akan diminta login dengan microsoft account, pilih skip saja, seandainya ingin login lakukan nanti setelah semuanya selesai.

– Di bagian Create User Accounts, isikan nama dan juga password. Jika tidak akan menggunakan password cukup kosongkan saja lalu klik next.

– Tunggu proses loading sebentar, hingga masuk ke dalam Windows.
– Selesai

Demikianlah tutorial cara install Windows 10, segala resiko ditanggung sendiri, kami tidak bertanggung jawab atas segala resiko yang mungkin terjadi.

Tutorial Cara Install Windows 10 | admin | 4.5