Tips Memperkuat Sinyal GSM di Smartphone

Tips Memperkuat Sinyal GSM di Smartphone – Sebagian besar pengguna hp di Indonesia menggunakan layanan GSM untuk komunikasinya. Layanan ini memang diadopsi hampir semua provider tanah air. namun tidak berarti kita bisa mendapatkan sinyal yang stabil setiap saat. Sinyal GSM yang lemah akan menghambat komunikasi dan kerja kita sehingga anda perlu tau apa saja cara memperkuat sinyal GSM di smartphone anda. Bisa jadi sinyal melemah karena terhalang bangunan tinggi atau anda sedang berada di area terpencil.

Namun anda tidak perlu khawatir karena dengan cara manual hingga otomatis anda bisa memperkuat sinyal GSM. Caranya bisa dengan aplikasi signal booster, atau menggunakan perangkat khusus untuk mempekuat sinyal. Anda juga mesti mengetahui jaringan apa yang sesuai di daerah anda agar penerimaan sinyal lebih maksimal. Kenali dulu penyebab sinyal melemah dan cobalah berbagai tips memperkuat sinyal GSM lebih lanjut berikut ini.

Berbagai Tips Memperkuat Sinyal GSM

  1. Menggunakan aplikasi penguat sinyal

Cobalah menggunakan aplikasi penguat sinyal untuk memaksimalkan penerimaan jaringan ke smartphone. banyak contoh aplikasi penguat sinyal di playstore seperti Network Sinyal Strength, Network Booster Free hingga Network Signal Speed Booster. Aplikasi tersebut mampu mengidentifikasi sinyal terbait yang terpancar di BTS operator telfon anda sehingga jaringannya tetap optimal.

  1. Mircocell Pole (MCP)

Perangkat ini adalah menara macro atau Base Transceiver Station yang menggunakan jaringan frekuensi udara sebagai penguat sinyal serta berbasis fier optik. Namun regulasi pemasangannya baru diatur Undang-Undang. Regulasi MCP ini masih baru sebab perangkat ini terbilang baru beredar di Indonesia. Peraturannya tercantum dalam Perpes No.96/2014 tentang Pita Lebar Indonesia.

  1. Signal Booster

Memperkuat sinyal GSM bisa dengan signal booster. Fitur ini bisa menambah bar sinyal yang tertera pada smartphone anda. Hanya saja untuk regulasi perangkat ini juga masih diatur oleh Undang-Undang. Beberapa operator seluler menawarkan perangkat signal booster sebagai servis khusus untuk pelanggannya. Anda mesti menggunakan perangkat ini sesuai ketentuan. Karena jika menggunakannya secara ilegal akan dikenai sanksi penjara paling lama 6 tahun dan denda hingga 600 juta rupiah.

  1. Ubah pengaturan jaringan

Di fitur jaringan android terdapat pilihan jaringan GSM. Ketik *#*#4636#*#* kemudian pilih informasi telepon dan scroll ke bawah. Atur jenis jaringan yang anda pilih. Untuk menstabilkan sinyal 3G anda mesti memiliki WCDMA Only sedangkan 2G/EDGE berfungsi menstabilkan sinyal 2G jika sinyal 3G tidak tersedia di daerah anda. begitu pula dengan sinyal 4G jika tidak memungkina anda bisa mengakses WCDMA Only untuk memperkuat jaringannya.

Itulah berbagai cara untuk memperkuat sinyal GSM di smartphone. sebelum menggunakan perangkat lainnya, terlebih dulu pastikan jaringan operator di daerah anda agar hasilnya berfungsi sempurna. Semoga bermanfaat.

Tips Memperkuat Sinyal GSM di Smartphone | Writer Informasionline | 4.5