Cara Agar Kinerja Radiator Mobil Bekerja Dengan Baik [Mesin Tidak Cepat Panas]

Radiator mobil – radiator adalah Salah satu komponen penting yang ada dalam mobil, fungsi radiator adalah untuk mendinginkan mesin. Caranya kerjanya, panas yang dihasilkan daru mesin akan diserap oleh radiator coolant yang bersirkulasi.

Radiator sangat berguna ketika kendaraan menempuh perjalanan jauh, oleh Karenanya, radiator harus selalu menjadi perhatian dan dirawat agar performanya maksimal.

Tips agar radiator mobil dapat bekerja maksimal :

Dikutip dari daihatsu.co.id, ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar kondisi radiator mobil tetap dalam kondisi baik, yaitu bagian luar, bagian dalam, selang, tutup, dan pompa oli.

1. Bagian luar radiator harus dijaga kebersihannya. Perhatikanlah kisi-kisi radiator, Jangan sampai dipenuhi kotoran karena jika itu terjadi, saluran angin dapat terhambat yang dapat mengakibatkan proses pendinginan tidak maksimal.

2. Bagian dalam, usahakan bagian ini tidak mengalami pengaratan, selalu bersihkan dengan cara menguras air nya minimal satu tahun sekali, terutama pada mobil-mobil tua.

3. Bagian selang, selang penghubung antara mesin dan radiator ini semakin lama kualitasnya akan menurun. Sebaiknya jika sudah terlihat usang langsung diganti, jangan menunggu terjadinya kebocoran terlebih dulu.

4.Bagian tutup, Pastikan bagian ini dalam kondisi baik, periksa pegas dan karet penyekatnya. Jika ini sudah rusak, maka temperatur mobil dapat cepat meningkat dan akan menyebabkan panas berlebih.

5. Pompa oli, Pompa oli yang tersumbat oleh kotoran kemungkinan besar akan menimbulkan suhu mesin mobil lebih cepat panas.

Baca juga:

Cara memerikasa kondisi mobil bekas sebelum membeli
Tag:
# Tips merawat radiator mobil agar kinerjanya tetap terjaga
# Cara merawat radiator mobil agar lancar
# Cara agar mesin mobil tidak cepat panas

Cara Agar Kinerja Radiator Mobil Bekerja Dengan Baik [Mesin Tidak Cepat Panas] | admin | 4.5