Cara Memeriksa Kondisi Mobil Bekas (second) Sebelum Membeli Agar Tidak Kecewa

Cara memeriksa kondisi mobil bekas – Untuk kamu yang berniat ingin membeli mobil untuk kebutuhan transportasi keluarga, jika membeli sebuah mobil baru terasa berat di kantong maka kamu masih punya pilihan terbaik yaitu membeli mobil bekas atau second.

Kamu bisa mendapatkan sebuah mobil bekas dengan kondisi baik, bagus, dan berkualits asalkan teliti dan jangan terburu-buru saat akan membeli agar tidak kecewa dikemudian hari.

CARA MEMERIKSA KONDISI MOBIL BEKAS :

1. TEMPAT PEMBELIAN

Akan lebih baik jika kamu membeli mobil bekas dari orang pemilik pertama, coba kamu cari tahu mungkin ada teman atau sodara yang akan menjual mobilnya, siapa tahu sesuai dengan selera kamu.

Kamu bisa mencoba mencari mobil second yang kamu inginkan di situs jual beli, seperti olx, kaskus, dll.

Jika tidak terpakasa, jangan membeli mobil second dari showroom karena harganya akan lebih mahal, sama halnya kamu membeli mobil melalui perantara harganya pasti jauh lebih mahal jika dibandingkan kamu membeli langsung dari pemilik pertama, apalagi jika orang yang menjualnya adalah orang yang kamu kenal itu akan lebih baik.

2. CEK DAN RICEK

Setelah menemukan penjual mobil yang sesuai dengan keinginan kamu, sekarang saatnya kamu menghubungi seseorang yang menurut kamu dia memiliki pengetahuan di bidang seluk beluk mobil, mintalah untuk menemani kamu untuk membantu cek kondisi mobil yang akan kamu beli. Kamu juga bisa menggunakan jasa mekanik salahsatu bengkel untuk melakukan pengecekan mesin mobil yang akan kamu beli, keluar sedikit uang untuk jasa mekanik tidak menjadi masalah yang penting mesin mobil yang kamu beli dalam kondisi aman.

3. EKSTERIOR MOBIL

Lakukan pengecekan pada bagian yang paling pertama kamu terlihat. Pada bagian eksterior mobil ada beberapa bagian penting yang harus kamu cek yaitu pada bagian body. Perhatikan apakah ada goresan, apakah kondisi cat nya masih bagus, mulus, atau sudah kasar. Kemudian cek pada bagian kaca, apakah ada bagian yang retak atau pecah.
Cek bagian lampu, pastikan tidak ada yang pecah atau retak dan dapat menyala dengan baik. cek juga keadaan keempat bannya, apakah masih oke atau sudah aus, Coba masuk dan cek ke kolong mobil untuk melihat apakah ada bagian yang sudah berkarat atau keropos.

4. AKSESORIS DAN INTERIOR

Beberapa komponen aksesoris dan interior mobil yang harus kamu cek antara lain adalah bagian dashboard, AC, karpet, serta kualitas jok dan langit-langit. coba menduduki jok, cek kualitas pelapisnya, Jangan lupa bagian kaca pintu cobalah menaik-turunkan kaca untuk memastikan apakah berfungsi dengan baik atau tidak. Cek wiper dan kondisi buka-tutup pintu mobil apakah dapat membukan dan menutup dengan baik atau tidak.
Terakhir adalah mengecek lampu sein, hazard, lampu depan, dan lampu rem. Cek fasilitas audio untuk memastikan dalam kondisi baik.

5. PERFORMA MESIN MOBIL

Seperti yang saya ulas diatas, jika seandainya pengetahuan kamu mengenai kondisi mesin mobil kurang mumpuni, ada baiknya kamu menggunakan jasa mekanik bengkel mobil untuk cek performa mesin untuk memastikan bahwa mesin dalam kondisi baik.

6. KELENGKPAN SURAT

Surat kendaraan adalah hal paling penting yang wajib kamu perhatikan saat membeli mobil. Pastikan bahwa BPKB dan STNK adalah asli. Perhatikan keaslian BPKB dan STNK mobil tersebut, pastikan bahwa  mobil yang kamu beli memiliki BPKB dan STNK dengan nama asli pemiliknya. Dengan memiliki BPKB dan STNK yang asli dan lengkap akan memudahkan kamu untuk urusan balik nama dan urusan administrasi lainnya.

7. CEK FISIK

Agar kamu lebih yakin, tidak ada salahnya untuk melakukan cek fisik di kantor samsat. Dengan melakukan cek fisik, kamu dapat memastikan data dan informasi yang tertera di dokumen BPKB dan STNK adalah sesuai dengan yang sebenarnya. Proses cek fisik dapat dilakukan setelah mendapatkan izin dari si penjual mobil. Jangan ragu untuk meminta cek fisik kendaraan Jika kamu sudah merasa yakin akan membeli mobilnya, biasanya pemilik mobil akan bersedia jika mobilnya diminta untuk dilakukan cek fisik.

8. ASURANSI

Jika mobil bekas yang kamu beli memiliki asuransi tentu ini adalah nilai plus. Lalu Bagaimana dengan nama pemiliknya? asuransi dapat dipindah tangankan melalui proses balik nama pada perusahaan asuransi yang menjamin kendaraan yang akan kamu dibeli. Sebelumnya, Jangan lupa untuk menyiapkan semua dokumen jual-beli yang kompit agar proses balik nama asuransi dapat berjalan dengan lancar.

Itulah cara memeriksa kondisi mobil bekas sebelum kamu memutuskan untuk membelinya, semoga berguna.

Tag:
# Cara memeriksa kondisi mobil bekas
# Cara memeriksa kondisi mobil second sebelum membeli
# Tips membeli mobil bekas agar tidak kecewa
# Cara memeriksa kondisi mesi mobil bekas sebelum dibeli.
# Bagian penting yang harus diperiksa pada mobil bekas sebelum membeli

Cara Memeriksa Kondisi Mobil Bekas (second) Sebelum Membeli Agar Tidak Kecewa | admin | 4.5